iklan Pengumuman Tender Perusahaan

  • Beranda
  • iklan Pengumuman Tender Perusahaan
iklan pengumuman tender perusahaan 1
iklan pengumuman tender perusahaan 2
iklan pengumuman tender perusahaan 3
iklan pengumuman tender perusahaan 4

Penawaran tender adalah tawar-menawar public untuk pemegang saham dalam menjual sahamnya. Biasanya, penawaran tender dilakukan ketika perusahaan membuat penawarannya dengan mengeluarkan sebuah iklan di surat kabar nasional dan tawaran yang bisa dibeli tersebut dicetak dan dikirimkan kepada target perusahaan pemegang saham. Sebuah penawaran tender perusahaan sendiri harus mengikuti aturan tersendiri dari pemerintah, yang termasuk didalamnya: syarat penutupan penawaran, jangka waktu penawaran, hak penarikan, tata cara publikasi, dan berbagai persyaratan lainnya.

Tata Cara Tender Perusahaan

Berdasarkan Peraturan Presiden No.16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan menjelaskan bahwa, “Pengadaan barang / jasa pemerintah yang selanjutnya disebut Pengadaan Barang/Jasa adalah kegiatan pengadaan Barang/Jasa oleh kementerian/lembaga/perangkat daerah yang dibiayai oleh APBN/APBD yang prosesnya sejak identifikasi kebutuhan, sampai sampai dengan serah terima hasil pekerjaan.

Sesuai ketentuan yang diberikan oleh BAPEPAM LK, maka setiap pihak yang ingin melakukan tender (tender offer) harus mengikuti prosedur berupa:

1. Pengumuman rencana penawaran tender (tender offer). Pengumuman rencana penawaran tender ini dilakukan minimal dalam 2 (dua) surat kabar, dimana pengumuman ini harus memuat:

a. Identitas pihak pelaku penawaran tender

b. Persyaratan khusus penawaran tender

c. Pernyataan bahwa pihak penawar tener telah mempunyai dana yang cukup

Iklan pengumuman penawaran ini sendiri harus disampaikan pada OJK dan kepada perusahaan target paling lambat 2 (dua) hari kerja sebelum dimuat dalam 2 (dua) surat kabar yang ditunjuk.

2. Penyampaian pernyataan penawaran tender melalui iklan surat kabar. Tender offer wajib disampaikan kepada OJK dan pihak lainnya yang diumumkan dalam 2 (dua) surat kabar harian berbahasa Indonesia dimana salah satunya berperedaran nasional.

3. Tahap efektif masa penawaran tender offer. Masa penawaran tender menjadi efektif pada hari ke 15 (lima belas) sejak diterimanya pernyataan penawaran tender offer oleh OJK

4. Pengumuman pernyataan penawaran tender. Pengumuman ini dilakukan selambat-lambatnya 2 (dua) hari sejak pernyataan penawaran tender menjadi efektif di 2 (dua) surat kabar harian atau lebih.pihak perusahaan target, pihak terafiliasi, dan lain-lain dapat mengajukan pernyataan tertulis yang salinannya wajib diserahkan ke OJK. Pernyataan tersebut berisikan informasi tertulis untuk mendukung atau menentang penawaran tender offer.

5. Tahap bantahan dari Direksi/Komisaris perusahaan target. JIka penawaran mengandung informasi yang tidak benar, maka perusahaan target wajib mengajukan bantahan terhadap penawaran tender offer. Bantahan ini harus disampaikan pada 2 (dua) surat kabar atau lebih setidaknya 15 (lima belas) hari sebelum masa penawaran tender berakhir.

6. Tahap berakhirnya masa penawaran tender offer. Tender offer berakhir sekurang-kurangnya dalam waktu 30 hari dan dapat diperpanjang menjadi paling lama 90 (Sembilan puluh) hari, kecuali disetujui OJK.

7. Penyelesaian transaksi. Pada tahap ini – paling lama 12 hari setelah penawaran berakhir -, maka transaksi tender offer wajib diselesaikan.

8. Pelaporan akhir. Dalam jangka waktu 10 (sepuluh) hari sejak tanggal penyelesaian penawaran tender berakhir, maka pihak yang melakukan penawaran tender offer wajib melaporkan hasil tender tersebut pada OJK.

Tahapan-tahapan tersebut di atas juga bisa gagal seperti yang tercantum pada pasal 50 PerPres Nomor 16 tahun 2018, jika:

1. Setelah pemberian waktu perpanjangan tidak ada peserta yang menyampaikan dokumen kualifikasi; atau

2. Jumlah peserta yang lulus prakualifikasi kurang dari 3 (tiga) peserta

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, memajang iklan tender haruslah dilakukan dengan baik dan benar agar kegagalan tender tidak terjadi saat proses berlangsung.

Iklan pengumuman tender perusahaan adalah langkah awal dan paling krusial dalam sebuah tender. Sebuah penawaran tender, hanya terbuka dalam jangka waktu tertentu; Oleh karenanya, peserta tender harus bisa melihat pengumuman tender yang dimuat pada iklan agar mengetahui informasi tender sedang tersedia.

Memilih Agen Iklan Berpengalaman Untuk Iklan Pengumuman Tender

Kesuksesan sebuah iklan pengumuman tender sebagian besar tergantung pada seberapa bagus agen tersebut. Di era sekarang ini, iklan legal adalah bagian penting dan wajib bagi perusahaan sebagai persyaratan untuk melakukan kegiatan mereka.

Memilih agen iklan yang tepat untuk pengumuman tender perusahaan adalah kunci sukses dari tender itu sendiri. Maka dari itu, pilih IklanPro karena memiliki:

1. Tim professional yang telah menangani 3429 iklan legal dan non-legal

2. Menangani 132 bisnis berbeda selama beroperasi

3. Memiliki 22 tipe pengumuman yang berbeda-beda

4. Bekerjasama dengan 342 partner surat kabar lokal dan nasional

Untuk mengiklankan pengumuman tender perusahaan legal yang bisa dipercaya dan berpengalaman, IklanPro akan siap membantu anda dalam mengiklankan dan menerbitkan tender di surat kabar nasional di seluruh Indonesia.