iklan Pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

  • Beranda
  • iklan Pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
iklan RUPS 1
iklan RUPS 2
iklan RUPS 3
iklan RUPS 4

Rapat Umum Pemegang Saham adalah rapat tahunan dari pemilik saham sebuah perusahaan dimana direktur perusahaan akan memberikan laporan tahunan yang berisikan informasi untuk pemilik saham tentang performa dan strategi perusahaan.

Pemilik saham yang memiliki hak pilih akan melakukan voting pada masalah yang sedang dihadapi perusahaan, seperti rapat dewan direksi, kompensasi eksekutif, pembayaran dividen, dan pemilihan auditor.

Menurut Undang-Undang Perseroan Terbatas Nomor 40 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 4 menjelaskan bahwa organisasi perseroan yang mempunyai wewenang yang tidak diberikan kepada direksi atau Dewan Komisaris dalam batas yang ditentukan dalam Undang-Undang ini dan/atau anggaran dasar.

Cara Kerja Rapat Umum Pemegang Saham

Rapat umum tahunan, atau RUPS biasanya diadakan agar pemegang saham bisa memilih masalah perusahaan dan pemilihan direktur dari perusahaan. Di perusahaan yang besar, repata ini hanya diadakan ketika eksekutif perusahaan dan pemegang saham berinteraksi.

Tata cara pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham yaitu:

  • Direksi menyusun rencana kerja tahunan sebelum dimulai buku tahunan baru, ini termasuk membuat anggaran tahunan perseroan untuk tahun buku yang akan dating. Rencana kerja ini disampaikan kepada Dewan Komisaris dengan persetujuan dari RUPS yang mana anggaran ini telah ditelaah.
  • Direksi menyampaikan laporan keuangan tahunan paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun buku perseroan berakhir.Laporan tahunan ini harus memuat:
  • Laporan keuangan yang terdiri atas sekurang-kurangnya neraca akhir tahun lampau dengan tahun buku sebelumnya, laporan laba-rugi dari tahun berjalan, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan tersebut
  • Laporan mengenai kegiatan perseroan
  • Aporan pelaksanaan tanggung jawab Sosial dan Lingkungan
  • Rincian masalah yang timbul selama tahun buku yang mempengaruhi kegiatan usaha perseroan
  • Laporan mengenai tugas pengawasan yang telah dilaksanakan oleh dewan komisaris selama tahun buku yang sebelumnya
  • Nama anggota direksi dan anggota komisaris
  • Gaji dan tunjangan bagi anggota direksi atau honorarium dan tunjangan bagi anggota dewan komisaris perseroan untuk tahun sebelumnya
  • Laporan tahunan yang disusun haruslah mengikuti standar akuntansi keuangan dan wajib diaudit dan disampaikan kepada menteri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Penandatangan laporan tahunan oleh anggota direksi dan semua anggota dewan komisaris yang menjabat pada tahun buku berjalan. Anggota direksi atau anggota dewan komisaris yang tidak menandatangani laporan tahunan ini harus menyebutkan alasan tertulis atau dinyatakan oleh oleh direksi dalam surat tersendiri pada laporan tahunan. Namun jika pihak tersebut tidak memberi alasan tertulis, maka dianggap telah menyetujui isi laporan tahunan tersebut
  • Menyerahkan laporan keuangan kepada akuntan public untuk diaudit yang akan dilakukan oleh direksi. Jika laporan tahunan tidak diaudit, maka laporan tersebut tidak akan disahkan oleh RUPS. Laporan yang telah diaudit tersebut disampaikan kepada RUPS melalui direksi
  • Neraca dan laporan laba rugi dari laporan keuangan yang telah disahkan oleh RUPS diumumkan setidaknya dalam 1 (satu) surat kabar. Pemasangan pengumuman laporan tahunan di surat kabar paling lambat 7 (tujuh) hari setelah mendapat pengesahaan dari RUPS

RUPS tidak hanya terbatas dilakukan pada perusahaan berdomisili. Seperti yang telah diatur pada Pasal 77 ayat 1 UUPT, menyatakan bahwa “Selain penyelenggaraan RUPS sebagaimana dimaksud pada pasal 76, RUPS dapat juga dilakukan melalui media telekonferensi, video konferensi, atau sarana media elektronik lainnya yangmemungkinkan semua perserta RUPS saling melihat dan mendengar secara langsung serta berpartisipasi dalam rapat.

Jadi, walaupun sebuah Rapat Umum Pemegang Saham dilakukan secara daring, keputusan yang timbul dari hasil rapat tersebut adalah sah dan sama seperti halnya rapat tahunan tatap muka. Tanpa terkecuali, laporan yang telah disetujui setelah ditandatangani secara fisik atau elektronik.

Cara Memasang Iklan Laporan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

Untuk bisa memenuhi undang-undang Perusahaan Terbatas tentang laporan RUPS untuk mempublikasikan laporan RUPS di surat kabar, maka anda bisa melakukannya di IklanPro. IklanPro menyediakan jasa publikasi iklan legal maupun ilegal di 342 surat kabar di seluruh Indonesia hanya dengan mengikuti 4 langkah mudah:

  • Memilih tipe iklan pengumuman yang diinginkan dengan menghubungi tim Iklan Pro di contact@IklanPro.id
  • Menyiapkan semua informasi laporan tahunan perusahaan dan memilih seberapa banyak surat kabar yang diinginkan.
  • Membayar tagihan dan kuotasi yang telah dibuat oleh IklanPro
  • Proses publikasi iklan yang akan dilakukan paling lambat 3 hari sejak pembayaran dilakukan.

Laporan RUPS baik secara fisik maupun secara elektronik akan diberikan hardcopynya kepada anda setelah iklan terbit. Iklan-iklan tersebut akan dikirimkan ke alamat tujuan yang telah ditulis sesuai permintaan anda. Selain itu, IklanPro juga akan memberikan sertifikat publikasi iklan sebagai tanda resmi penerbitan.

Jika ada pertanyaan tentang iklan pengumuman RUPS atau iklan lainnya, bisa langsung menghubungi di contact@IklanPro.id untuk lebih jelasnya.