iklan Pengumuman Laporan Keuangan Perusahaan

  • Beranda
  • iklan Pengumuman Laporan Keuangan Perusahaan
iklan pengumuman laporan keuangan 1
iklan pengumuman laporan keuangan 2
iklan pengumuman laporan keuangan 3
iklan pengumuman laporan keuangan 4

Tujuan umum dari laporan keuangan adalah menyediakan informasi tentang hasil dari sebuah operasi, posisi keuangan, dan aliran uang kas dari sebuah organisasi. Informasi ini kemudian digunakan oleh pembaca laporan keuangan untuk membuat keputusan terkait alokasi sumber daya yang dimiliki.

Pada level yang lebih jauh, terdapat tujuan yang berbeda terkait laporan keuangan. Laporan pemasukan memberikan informasi kepada pembaca tentang kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Tambahannya, ia juga akan memperlihatkan volume dari penjualan, dan sifat dari berbagai tipe pengeluaran, tergantung dari bagaimana informasi ini disajikan. Ketika dilihat kembali beberapa kali, laporan pemasukan juga bisa digunakan untuk menganalisa trend dari hasil operasi sebuah bisnis.

Tujuan dari neraca keuangan adalah untuk memberitahu pembaca tentang status bisnis saat tanggal laporan dikeluarkan. Informasi ini digunakan untuk menghitung posisi likuiditas, dana, dan hutang dari sebuah entitas, dan merupakan dasar dari rasio kesetimbangan.

Dari beberapa tujuan laporan keuangan diatas, tidak heran jika laporan keuangan menjadi bagian penting dari perusahaan.

Apa Itu Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah catatan tertulis dari posisi dan aktivitas keuangan dari sebuah bisnis. Isi dari laporan keuangan sendiri merupakan kumpulan dari laporan standar; termasuk neraca saldo, laporan pendapatan, laporan arus kas, dan laporan laba ditahan.

Sebuah bisnis mungkin memilih untuk membuat laporan perbulan, triwulan, atau per tahun, yang akan dimasukkan pada laporan akhir tahun di akhir tahun konomi berjalan. Untuk menjaga konsistensi dan akurasi dari bahasa laporan keuangan dan memahami laporan keuangan ini, bisnis harus mematuhi peraturan pencatatan laporan keuangan menurut undang-undang.

Laporan Keuangan Menurut Undang-Undang

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri perindustrian dan Perdagangan Nomor 121/MPP/Kep/2/2002,maka laporan keuangan terdiri dari:

  • Neraca
  • Laporan laba-rugi
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Laporan arus kas, dan
  • Catatan kas

Kelima bentuk laporan tersebut harus dilaporkan dan wajib di audit oleh akuntan public atau pejabat yang memiliki kewenangan menerbitkan laporan tersebut.

Sedangkan untuk bisnis yang harus memberikan laporan keuangan tersebut harus memenuhi persyaratan:

  • Berbentuk perusahaan terbuka (Tbk)
  • Memiliki bidang usaha yang menggunakan dana masyarakat
  • Mengeluarkan surat pengakuan utang
  • Memiliki jumlah aktiva atau kekayaran minimal Rp Rp 25.000.000.000 (dua puluh lima milyar rupiah)
  • Merupakan debitur yang diwajibkan oleh bank untuk diaudit laporan keuangannya.

Dikarenakan laporan keuangan adalah laporan yang memuat informasi tentang modal perusahaan, maka setiap perubahan tersebut harus dilaporkan berdasarkan Undang Undang Perusahaan Terbuka dan peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Dalam Pasal 1 peraturan Otoritas Jasa Keuangan menerangkan, “ Laporan publikasi adalah laporan keuangan, informasi kinerja keuangan dan/atau informasi lain, yang disampaikan oleh Bank kepada masyarakat dan/atau Otoritas Jasa Keuangan dengan tata cara penyampaian dan pengumuman sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Kemudian pada pasal 18 dijelaskan bahwa bank wajib mengumumkan laporan publikasi triwulan paling sedikit 1 (satu) surat kabar harian cetak berbahasa Indonesia yang memiliki perairan luas di tempat kedudukan kantor pusat bank atau tempat kedudukan kantor cabang dari bank yang berkedudukan di luar negri.

Dengan dipublikasikannya laporan keuangan kepada public oleh bank, maka investor bisa menggunakannya untuk mengetahui keadaan suatu bisnis. Dengan memperlihatkan laporan keuangan, maka pembaca paham apa yang sedang terjadi dalam suatu perusahaan dan manajemen bisa mengambil langkah yang tepat untuk masa depan perusahaan.

Pentingnya Publikasi Laporan Keuangan Bagi Perusahaan

IklanPro adalah agen publikasi yang memiliki spesialisasi dalam membuat iklan legal. Dengan menawarkan layanan profesional untuk komunitas bisnis, siklus bisnis yang bagus juga bisa tercipta. Iklan adalah alat marketing yang jika digunakan dengan baik, maka akan memberikan dampak positif pada bisnis. Di IklanPro, semua klien akan menerima layanan berkualitas dan pastinya hasil terbaik.

Kami memberikan layanan iklan terbaik dengan bekerja sama dengan lebih dari 300 surat kabar nasional di seluruh Indonesia. Melayani hingga 22 jenis iklan legal dan non-legal, IklanPro menjadi solusi segala kebutuhan iklan saat ini.

Untuk bisa memasang iklan pada surat kabar nasional berbahasa Indonesia yang terbit setiap hari, maka anda hanya perlu

  • Memilih jenis iklan yang sesuai
  • Memberikan seluruh informasi terkait pengumuman
  • Membayar dan menyelesaikan kuotasi yang diberikan
  • Menunggu pemasangan iklan

Iklan yang sudah dibayar biasanya akan dipasang maksimal 3 (tiga) hari sejak pelunasan. Selain iklan, hardcopy dari iklan juga akan dikirim ke alamat yang dicantumkan berikut dengan sertifikat penerbitan iklan. Hanya dengan memesan lewat contact@IklanPro.id kebutuhan iklan sudah bisa terjawab tanpa harus pusing bernegosiasi dengan surat kabar langsung yang pastinya cukup rumit persyaratannya. Hubungi IklanPro sekarang dan temukan kemudahan memasang iklan dari genggaman tangan.