iklan Pengumuman IPO Perusahaan

  • Beranda
  • iklan Pengumuman IPO Perusahaan

Salah satu alasan terbesar dari sebuah perusahaan privat menginginkan menjadi perusahaan go public adalah alasan finansial. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengakses uang dalam jumlah besar untuk pengembangan bisnis. Peningkatan modal yang diterima ini bisa digunakan untuk membayar hutang, meningkatkan sector riset & pengembanga, atau sector-sektor penting lainnya. Dengan IPO, perusahaan juga bisa mengamankan neraca keuangan dan juga keuangan di masa depan.

Apa Itu IPO Perusahaan

IPO (Initial Public Offering) atau Penawaran Umum Perdana adalah keadaan dimana perusahaan pribadi mendaftarkan sahamnya pada bursa efek, sehingga bisa dibeli oleh khalayak umum.

Banyak orang berpikir bahwa IPA merupakan kesempatan untuk menghasilkan banyak uang. Walaupun hal ini cukup trendy, anda harus paham bahwa IPO adalah bentuk investasi yang sangat beresiko tinggi, memberikan pemasukan yang tidak konsisten untuk jangka waktu lama

Bagaimana Cara Kerja IPO?

Menjadi perusahaan public adalah hal yang menantang, proses yang panjang dimana banyak perusahaan sulit untuk menyelesaikannya sendiri. Perusahaan pribadi yang berencana untuk melakukan IPO tidak hanya butuh mempersiapkan diri sendiri dalam pengawasan public, tapi juga harus melakukan tumpukan administrasi dan laporan keuangan yang tidak terhitung untuk memenuhi persyaratan menjadi perusahaan public.

Inilah kenapa perusahaan privat yang berencana untuk go public menyewa seorang underwriter (penjamin emisi), biasanya bank investasi untuk konsultasi tentang IPO dan membantu harga pembuka dari tawaran. Underwriter membantu manajemen mempersiapkan IPO, memuat dokumen kunci untuk investor, dan menjadwalkan rapat dengan investor potensial juga.

Segera setelah perusahaan dan penasehat IPO selesai menentukan harga pembuka untuk IPO, underwriter akan mengeluarkan saham untuk investor dan trading saham pada perusahaan sudah bisa dilakukan secara public di bursa saham.

Sesuai dengan instruksi dari OJK, maka penawaran umum saham kepada public dan pencatatan saham di bursa efek Indonesia yaitu

  • Persiapan awal & persiapan dokumen
  • Penyampaian permohonan perjanjian pendahuluan pencatatan saham ke BEI & pendaftaran saham ke KSEI
  • Perjanjian pendahuluan pencatatan saham diberikan BEI
  • Penyampaian pendaftaran ke OJK
  • Izin publikasi prospektus ringkas diberikan OJK
  • Pengumuman prospektus ringkas di surat kabar dan penawaran awal
  • Penyampaian informasi harga & keterbukaan lain ke OJK
  • Pernyataan efektif diberikan OJK
  • Pengumuman perbaikan/tambahan prospektus ringkas di surat kabar & penyediaan prospectus
  • Penyampaian permohonan pencatatan saham ke BEI
  • Penawaran umum saham kepada public
  • Persetujuan pencatatan saham diberikan BEI
  • Pencatatan & perdagangan saham perusahaan di BEI

Perusahaan yang telah go public, maka siapa saja bisa menjadi pemilik dari perusahaan tersebut. Alasan mereka melakukan ini bisa beragam, mulai dari kebutuhan penambahan modal, meningkatkan nilai perusahaan, hingga kesempatan untuk menjadi lebih baik.

Keuntungan Saham IPO Dibandingkan Privat

  • Kemudahan menambah modal. Menjadi perusahaan go public berarti telah cukup sukses untuk mencapai titik tersebut, sehingga kebutuhan modal yang besar adalah tujuan utama. Kemudahan mendapatkan modal ini terjadi karena saham bisa dibeli oleh masyarakat umum.
  • Saham yang dimiliki bisa menjadi bentuk pembayaran dalam mengakuisisi bisnis lain
  • Perusahaan go public bisa menarik orang-orang hebat untuk bergabung dan membayarnya dengan persentase saham
  • Pemilik perusahaan pastinya mendapatkan persentase saham yang besar dari pemegang saham lainnya.
  • Saham perusahaan yang terdaftar akan mendapatkan nama lebih baik daripada perusahaan privat

Perusahaan go public adalah pertanda suatu keadaan ekonomi yang sehat. Penurunan jumlah perusahaan IPO berarti keadaan ekonomi yang sedang tidak bagus.

Ketentuan Publikasi IPO di Surat Kabar

Pada umumnya, setiap publikasi yang diinstruksikan oleh undang-undang akan meminta perusahaan untuk menggunakan surat kabar nasional. Surat kabar yang dimaksud adalah surat kabar yang berbahasa Indonesia dan terbit setiap hari.

Tujuan dari publikasi ini adalah untuk exposure proses IPO kepada masyarakat sehingga mereka bisa bersiap-siap untuk menantikan membeli saham perusahaan anda. Ketentuan publikasi melalui surat kabar berdasarkan undang-undang merupakan bagian tidak terpisahkan dari persyaratan pengajuan IPO perusahaan. Dengan menimbang hal itu, IklanPro hadir untuk memenuhi kebutuhan agensi iklan yang cepat, tepat, dan tanggap.

Menggunakan agen iklan untuk penyelesaian publikasi adalah hal tepat untuk kelancaran bisnis, terlebih ketika hal tersebut menyangkut pengajuan IPO perusahaan yang sangat penting. IklanPro memberikan berbagai kemudahan publikasi IPO dengan bekerja sama dengan lebih dari 300 surat kabar nasional di seluruh Indonesia dan telah lebih 100 bisnis bekerja sama dengan kami.

Dengan harga yang terjangkau, publikasi melalui surat kabar bukanlah sesuatu yang rumit dan memakan waktu lama. Untuk kepentingan persyaratan Undang-Undang Perusahaan Terbuka, publikasi di IklanPro akan memberikan sertifikat publikasi dan hardcopy dari iklan yang telah dipasang pada surat kabar yang ditunjuk ke alamat klien. Dengan begitu, segala kebutuhan publikasi perusahaan anda bisa dilakukan secara online. Untuk mendapatkan layanan ini, anda bisa menghubungi contact@IklanPro.id