Iklan Pengumuman BPN

Iklan pengumuman BPN 1
Iklan pengumuman BPN 2
Iklan pengumuman BPN 3
Iklan pengumuman BPN

Badan Pertanahan Nasional adalah salah satu lembaga yang paling banyak menggunakan surat kabar sebagai media pengumuman pengurusan dokumen. Hal ini bertujuan agar transaksi jual beli tanah atau penggantian sertifikat berjalan sesuai dengan undang-undang.

Iklan pengumuman BPN merupakan bagian tak terpisahkan dari prosedur jual-beli tanah ataupun penggantian sertifikat tanah. Untuk itu, anda harus pahami bagaimana cara mendapatkan iklan pengumuman BPN yang terbaik dengan layanan IklanPro.

Proses Mendapatkan Sertifikat Tanah dan Mengiklankan Pengumuman BPN

Mengganti sertifikat tanah lama dengan yang baru adalah salah satu proses yang cukup rumit dan memakan waktu yang tidak sedikit. Proses ini terjadi seringkali dengan alasan mendapatkan warisan atau membeli tanah.

Penggantian hak atau balik nama sertifikat tanah ini bisa dilakukan pada kantor pertanahan di lokasi tanah berada. Ada dua cara pengurusan penggantian sertifikat tanah yang bisa dilakukan, melalui notaris dan mengurusnya sendiri.

Dokumen dan Biaya Penggantian Sertifikat Tanah

Untuk mengurus penggantian sertifikat tanah,maka anda harus

  • Mengisi formulir permohonan yang sudah diisi dan ditandatangani pemohon atau kuasanya di atas matera
  • Surat Kuasa jika pengurusan diwakilkan
  • Fotokopi identitas seperti KTP dan KK serta foto kopi surat kuasa yang telah diverifikasi keasliannya oleh petuga loket
  • Sertifikat tanah asli
  • Bukti keperdataan untuk perorangan dari pengadilan atau surat pernyataan perubahan nama dari kepala desa/ lurah dan camat setempat
  • Fotokopi akta pendirian dan pengesahan badan hukum yang telah diverifikasi keasliannya oleh petuga loket BPN
  • Sertifikat tanah asli AJB dari PPAT
  • Izin pemindahan hak jika pada sertifikat/keputusannya dicantumkan bahwa hak itu hanya boleh dipindahtangankan jika telah memiliki izin dari instansi berwenang.
  • Fotokopi SPPT dan PBB tahun berjalan yang diverifikasi oleh petugas BPN
  • Bukti SSB (BPHTB) dan bukti membayar uang pemasukan

Biaya yang harus dibayar di kantor BPP adalah biaya verifikasi dokumen tanah senilai Rp 50.000 dan biaya balik nama sertifikat yang besarannya adalah : Nilai jual tanah / 1000 atau {Nilai jual tanah (meter persegi) x luas tanah (meter persegi) / 1.000}.

Tentu saja mengurus sertifikat ini lebih mudah jika menggunakan jasa notaris, karena semua pengurusannya telah diurus oleh PPAT. Tapi, jika ingin mengurus sendiri, bisa dilakukan dengan cara berikut.

Pengurusan Penggantian Akta Jual Beli Tanah dan Mengumumkannya

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 1997, maka pengurusan balik nama sertifikat tanah harus melalui PPAT dimana Akta Jual Beli tanah legal bisa didapatkan. AJB adalah dokumen resmi yang menjadi bukti sah atas beralihnya hak tanah penjual kepada pembeli.

Pejabat PPAT akan memverifikasi data yuridis dan data teknis atas sertifikat tanah tersebut secara seksama.

Proses verifikasi akta tanah penjual harus dilakukan untuk menghindari terjadinya sengketa tanah dan melegalkan akta baru yang akan dibuat. Dokumen yang perlu dipersiapkan adalah KTP, kartu keluarga, NPWP, dan surat nikah. Penjual tanah juga diwajibkan untuk membawakan bukti pembayaran PBB, sertifikat tanah, dan surat pernyataan bahwa tanah yang dijual tidak dalam sengketa. Selain itu, penjual tanah dibebankan PPH senilai 2,5% dari hasil penjualan tanah tersebut. Sedangkan untuk pembeli tanah, mereka harus membayar Bea Perolehan Ha katas Tanah dan bangungan (BPHTB) senilai 5% dari harga rumah dan tanah dikurangi nilai perolehan Objek Pajak Tidak kena pajak, dimana biaya ini dibayar saat mengajukan balik nama sertifikat di kantor BPN.

Biaya pengurusan AJB sendiri berbeda-beda di setiap kantor PPAT. Jadi, penjual dan pembeli bisa sepakat untuk menggunakan jasa PPAT kantor yang mana untuk mengurus AJB.

Proses pembuatan AJB sendiri memakan waktu kurang lebih 30 hari dimana AJB yang didapatkan adalah 2 lembar asli dan 1 lembar salinan. Dengan sertifikat ini, anda bisa langsung mengubah AJB menjadi Sertifikat Hak Milik atau Hak Guna Usaha dengan sertifikat tanah di kantor PPAT tersebut.

Pengumuman BPN

Jika sertifikat tanah ternyata hilang dan ingin melakukan pergantian, maka anda harus

  • Melaporkan kehilangan sertifikat tanah pada kantor BPN terdekat.
  • Pemohon atau orang yang dilimpahkan kekuasaan untuk mengurus kehilangan sertifikat tanah mengisi formulir laporan kehilangan yang ditandatangani di atas materai.
  • Pemohon atau kuasanya kemudian membuat surat pernyataan dengan sumpah di depan kepala kantor pertanahan tempat melapor atau kepala seksi pengukuran dan pendaftaran tanah atau pejabat lain yang ditunjuk
  • Mengumumkan dalam 1 (satu) atau lebih surat kabar harian setempat akan berita kehilangan sertifikat tanah selama 30 hari.
  • Setelah 30 hari tidak ada pihak yang keberatan, maka sertifikat tanah pengganti akan diterbitkan yang nanti akan diserahkan kepada pemohon atau kuasanya.

Untuk proses pengumuman, maka pemohon bisa melakukannya dengan cara mengajukannya pada IklanPro di contact@IklanPro.id. Pengumuman iklan ini bisa dilakukan secara online tanpa harus repot mencari langsung pada media surat kabar bersangkutan.

Caranya:

  • Menghubungi Iklan Pro dan pilih jenis iklan seperti apa yang akan di iklankan
  • Memberikan semua informasi yang penting terkait pengumuman
  • Membayar tagihan dan kuotasi yang diberikan oleh IklanPro
  • Proses penerbitan iklan

Untuk lebih jelasnya, anda bisa menghubungi IklanPro untuk mendapatkan penjelasan tentang cara menerbitkan iklan pengumuman BPN yang efektif.