Iklan Lelang Perusahaan

iklan pengumuman lelang perusahaan 1
iklan pengumuman lelang perusahaan 2
iklan pengumuman lelang perusahaan 3

Ketika mendengar kata “lelang”, biasanya hal yang paling diingat adalah pelelangan tradisional dimana orang-orang menawar harga sebuah barang langka atau website jual-beli seperti eBay. Kedua pelelangan tersebut memiliki persamaan dalam cara kerjanya karena melibatkan beberapa orang penawar yang berkompetisi untuk membeli barang tertentu. Ketika penawar menaruh tawaran, maka ia harus memasang tawaran lebih tinggi daripada harga awal. Tujuan dari menawar dengan harga lebih tinggi adalah untuk mendapatkan penawaran tertinggi dari semua penawar secara keseluruhan hingga tidak ada lagi yang mampu menawar lebih tinggi. Mereka pada akhirnya akan berhenti menawar ketika harga tawaran sekarang sudah terlalu tinggi, atau melebihi budget mereka.

Sebagai pemilik bisnis, anda bisa menawarkan bisnis secara utuh untuk dijadikan bahan lelang. Kebanyakan pemilik bisnis tidak menimbang hal ini karena mereka berpikir bahwa pelelangan hanya terbatas pada barang-barang yang terlihat saja. Banyak yang tidak menyadari jika sebuah pelelangan bisa memberikan harga yang sangat tinggi bagi bisnis yang dijual. Bahkan bisa lebih besar nilainya dari harga awal yang ditawarkan. Bagian terbaik dari hal ini adalah pelelangan selalu memberikan keuntungan lebih banyak pada penjual.


Apa Itu Lelang Perusahaan dan Cara Mengiklankannya?

Lelang perusahaan adalah proses menjual dan membeli sebuah bisnis dengan cara penawaran dan kemudian menjual bisnis tersebut pada penawar dengan harga tertinggi atau membeli bisnis tersebut dengan penawaran paling rendah.

Pelelangan dengan harga tertinggi adalah tipe yang paling sering dijumpai sejak pertama diperkenalkan.

Bagaimanapun juga, menjual bisnis melalui sebuah pelelangan sedikit berbeda dari pelelangan biasa. Kamu tidak bisa menaruh bisnis untuk dijual pada eBay atau melalui rumah lelang. Karena menjual bisnis adalah hal yang cukup kompleks, dan melibatkan berbagai formalitas yang lebih banyak dari penjualan lelang biasa. Proses yang kompleks tersebut diantaranya menghubungi orang dan/atau instansi terkait, melakukan pemeriksaan kredit, kewajiban pembayaran utang, dan berbagai hal lainnya. Anda harus paham bagaimana pelelangan seperti ini bisa bekerja seperti seharusnya.

Cara Kerja Pelelangan Perusahaan di Indonesia

Menggunakan pelelangan untuk menjual bisnis anda tidak membutuhkan tempat lelang khusus. Kebanyak pemilik bisnis akan melakukan yang namanya pelelangan hening (silent auction). Pelelangan tipe ini tidak memiliki penawar yang berkompetisi seperti pelelangan umum, baik dilakukan secara online maupun pada rumah lelang. Akan tetapi, penawar akan bertemu secara pribadi pada ruang pertemuan dari organisasi atau dalam tempat khusus.

Pertama, anda akan mengundang semua penawar yang memenuhi kriteria untuk berpartisipasi pada pelelangan. Kemudian menyediakan mereka informasi terkait manajemen perusahaan melalui memorandum informasi perusahaan. Berdasarkan informasi tersebut, penawaran akan memberikan tawaran yang tidak terikat. Artinya, penawaran ini berdasarkan penawaran tertulis yang harus memiliki detail tentang struktur dan kondisi dari penawaran. Yang paling penting, penawar harus menjelaskan bagaimana mereka akan membayar dan menyelesaikan kuotasi dari pembelian bisnis jika mereka memenangkan penawaran. Penawar harus menandatangani perjanjian terlebih dahulu.

Sementara itu, anda tidak akan diperbolehkan untuk melakukan hal substansial yang berhubungan dengan aspek bisnis yang sedang ditawarkan. Anda tidak diperbolehkan mengeluarkan materi iklan keuangan ,membuka investasi yang tidak diawasi, atau melakukan hubungan komunikasi yang tidak diperbolehkan. Setelah penawaran memberikan tawaran, anda harus memperkecil pilihan dengan memilih penawar yang memiliki persyaratan paling diinginkan.

Kedua, anda harus memberikan penawar semua informasi kelayakan perusahaan jika diperlukan. Karena mereka telah menandatangani perjanjian kerahasiaan, maka mereka tidak boleh menyebarkan informasi apapun tentang perusahaan yang mereka terima dari titik ini. Berdasarkan situasi dari perusahaan, pengacara anda mungkin menyediakan kontrak komersial lain dan melaporkan kepada penawar. Beberapa kontrak ini mungkin berhubungan dengan hak milik intelektual dan hak properti bangunan.

Setelah semua kontrak ditandatangani oleh penawar, mereka kemudian akan memberikan tawaran terakhir pada anda. Tawaran ini bukanlah tawarn mengikat yang berarti bahwa pemenang tawaran bisa mengundurkan diri sebelum kontrak penjualan ditandatangani. Itulah kenapa anda harus memilih penawar yang pasti terlebih dahulu.

Syarat Pembelian Perusahaan Yang Dilelang Oleh Undang-Undang

Menjual sebuah perusahaan itu berbeda dengan menjual aset perusahaan. Aset dianggap sebagai barang berwujud atau tangible asset, sedangkan usaha itu acuannya adalah laba dan Rencana Pengembangan Usaha. Karena sifatnya yang dinamis, maka penjualan sebuah perusahaan harus dilakukan dengan persetujuan dari RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Seperti yang tertulis pada Pasal 127 Nomor (1), (2), dan (3) Undang Undang Perusahaan Terbuka Nomor 40 tahun 2007.

(1) Keputusan RUPA mengenai Penggabungan, Pelaburan, Pengambil alihan, atau Pemisahan sah apabila diambil sesuai dengan ketentuan Pasal 87 ayat (1) dan pasal 89

(2) Direksi Perseroan yang akan melakukan Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, atau Pemisahan wajib mengumumkan ringkasan rancangan paling sedikit dalam 1 (satu) Surat Kabar dan mengumumkan secara tertulis kepada karyawan dari Perseroan yang akan melakukan Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, atau Pemisahan, dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum pemanggilan RUPS

(3) Pengumuman sebagaimana dimaksud pada ayat (2) memuat juga pemberitahuan bahwa pihak yang berkepentingan dapat memperoleh rancangan Penggabungan, Peleburan, pengambilalihan, atau pemisahan di kantor Perseroan terhitung, sejak tanggal pengumuman sampai tanggal RUPS diselenggarakan.

Dari ketentuan diatas, kita bisa lihat bahwa mengumumkan pelelangan perusahaan harus diketahui tidak hanya oleh karyawan saja, tapi juga oleh RUPS dan juga investor potensial dari luar. Dengan mengiklankan pelelangan perusahaan kepada public melalui surat kabar, maka hal ini akan mengundang lebih banyak kesempatan penawar saat lelang diadakan. Selain bertindak sebagai undangan resmi untuk RUPS dan pemberitahuan resmi untuk karyawan perusahaan, ini juga akan menstimulasi rasa penasaran penawar untuk menawar dengan harga yang tinggi.

Mengiklankan Pelelangan Perusahaan di Surat Kabar

Dengan IklanPro, memasang iklan lelang perusahaan menjadi jauh lebih mudah daripada menghubungi sendiri surat kabar tersebut. Ada banyak administrasi yang harus dilakukan oleh perusahaan sebelum bisa melihat iklan mereka terpasang, dan itu memakan waktu yang berharga. IklanPro ditenagai tim profesional dengan mudah melayani kebutuhan anda dalam memasang iklan lelang di surat kabar nasional di seluruh Indonesia. Adapun 300 lebih partner surat kabar selalu siap untuk mempublikasikan iklan anda baik dalam media cetak maupun media online.

Setiap iklan yang sudah dipublikasikan, anda akan mendapatkan sertifikat iklan dan juga hardcopy yang dikirim ke alamat yang sudah diberikan. Sertifikat dan hardcopy tersebut akan menjadi salah satu persyaratan dalam langkah melelang perusahaan di Indonesia.

Dengan 4 langkah mudah, siapa saja sudah bisa mendapatkan iklan legal maupun non legal di publikasikan di berbagai surat kabar di seluruh Indonesia. IklanPro menjadi solusi cerdas dan terjangkau untuk mendapatkan iklan yang berkualitas.