Iklan Lelang Gedung

iklan pengumuman lelang gedung 1
iklan pengumuman lelang gedung 2
iklan pengumuman lelang gedung 3
iklan pengumuman lelang gedung 4

Membeli item pada sebuah pelelangan bisa bermanfaat bagi banyak bisnis. Hampir semua bentuk barang ataupun jasa bisa didapatkan melalui pelelangan. Baik anda membeli atau menghadiri pelelangan untuk membeli gedung, anda mungkin akan menemukan harga yang terbaik.

Pelelangan bisa juga terjadi lebih cepat daripada membeli dengan cara tunai, apalagi ketika membicarakan jual-beli gedung. Anda akan diminta untuk membayar harga jual ditambah biaya dan pajak, setidaknya dalam 24 jam hingga 48 jam dan kemudian pengambilalihan. Sedangkan untuk gedung, setidaknya diberikan waktu hingga satu minggu untuk menyelesaikan pembayaran.

Jika anda ingin memulai bisnis dengan cepat, maka membeli gedung pada pelelangan bisa menjadi strategi membeli yang tepat karena ia akan meminimalisir waktu untuk membeli gedung tersebut di pasar. Anda bisa membeli dan mengambil alih kepemilikan beberapa gedung sekaligus yang menghabiskan waktu yang sama dengan membeli gedung pada pasar diluar lelang.

Bagaimana Cara Kerja Pelelangan Gedung?

Terdapat banyak tipe dari lelang. Lelang bisa terjadi secara online, hadir secara langsung, menawar melalui telepon, atau dari pos.

Terkadang beberapa pelelangan dibuka untuk pendatang baru, kebanyakan mereka diminta untuk registrasi terlebih dahulu. Pendaftaran ini hanya menyediakan beberapa detail dan juga uang jaminan. Uang jaminan disini disetor kepada kantor lelang/balai lelang atau pejabat lelang sebagai persyaratan. Jika pelalangan sukses, maka dana yang disetor tadi akan digunakan untuk pembelian dan biaya, jika tidak, dana tersebut akan dikembalikan pada pemiliknya.

Tipe lelang paling sering digunakan adalah lelang penawaran naik. Lelang seperti ini dimulai dengan harga rendah, dan setiap penawar harus menawarnya dengan harga lebih tinggi. Penawaran tersebut diakhiri ketika tidak ada lagi penawaran lebih tinggi, sehingga penawar tertinggi akan membayar harga terakhir yang mereka tawarkan untuk item tersebut.

Tipe lain dari lelang yang sering ditemui adalah pelelangan penawaran turun. Kebalikan dari pelelangan tipe yang populer, ini terjadi ketika penjual menawarkan barang kepada satu pembeli dimana pembeli akan mengambil harga paling rendah diantara yang ditawarkan oleh penjual.

Cara Lelang Gedung di Indonesia

Lelang gedung ataupun jenis lelang lainnya harus tunduk pada peraturan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dengan Permenkeu Nomor 93/PMK.06/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang.

Pada umumnya, pelelangan di Indonesia dilakukan dengan prosedur

  • Mendaftarkan diri
  • Menyetor uang jaminan lelang
  • Mengajukan Penawaran
  • Pengembalian uang jaminan jika tidak, atau melunasi harga lelang ke rekening KPKNL
  • Membayar BPHTB di kantor Dispenda/Bank untuk pembelian tanah atau gedung
  • Mengambil kuitansi dan kutipan risalah lelang di KPKNL
  • Pengambilan barang dan/atau bukti kepemilikan di penjual
  • Balik nama; samsat untuk kendaraan dan kantor pertanahan untuk tanah atau gedung.

Untuk bisa melihat objek yang akan dilelangkan, calon penawar bisa melihatnya di portal Lelang Indonesia atau www.lelang.go.id

Sebelum lelang dilakukan maka hal pertama yang harus dilakukan agar lelang bisa berjalan adalah pengumuman. Untuk menarik penawar, maka mengumumkan pelelangan pada masyarakat adalah satu-satunya jalan agar informasi tersampaikan. Selain itu, melakukan pengumuman lelang juga kewajiban penjual seperti yang tertera pada bagian kesembilan PERMENKEU yang mengharuskan.

  • Penjualan lelang didahului dengan pengumuman
  • Pengumuman diterbitkan pada surat kabar harian berbahasa Indonesia yang terbit di kota/kabupaten tempat gedung berada sebanyak dua kali
  • Menyerahkan bukti pengumuman lelang sesuai ketentuan pejabat lelang
  • Pengumuman iklan lelang harus berisi identitas penjual, nama barang yang dilelang, tempat dan waktu lelang, dan informasi pengumuman lelang tempelan.

Adapun lelang ulang juga harus diumumkan dalam surat kabar setidaknya 7 hari sebelum lelang diadakan. Pengumuman ini bertujuan untuk memberitahu calon penawar ataupun masyarakat yang memiliki keinginan untuk mengikuti lelang, bisa mendapatkan informasi terkait barang yang dilelang. Selain itu, lelang juga bisa menjadi tidak sah jika terdapat pihak yang keberatan dengan objek yang dilelangkan.

Pengumuman Iklan Lelang Di Surat Kabar

Baik online maupun media cetak merupakan media yang paling efektif untuk periklanan. Mereka memiliki kekuatan ketika berbicara penyampaian informasi kepada audiens tertentu, dan kedua media masih dipergunakan untuk bisnis baik kecil maupun besar sebagai bagian dari strategi dan administrasi pasar.

Karena banyaknya media cetak yang tersebar hingga saat ini, maka menerbitkan iklan pada setiap media cetak pasti membutuhkan administrasi yang tidak sedikit. Dengan IklanPro, iklan anda bisa terbit tepat waktu dibandingkan menerbitkan langsung pada media cetak. Ditambah lagi, audien dari media cetak berbeda dari media social, mereka lebih mementingkan informasi daripada tampilan.

Menggunakan IklanPro berarti anda akan mendapatkan cakupan audien yang lebih luas. Umumnya, pembaca media cetak lebih menghargai isi dan kualitas dari informasi dan hal tersebut berarti konversi. Pembaca media cetak harian juga proaktif dalam membaca setiap halaman Koran untuk mencari kesempatan bisnis yang lebih luas.Mereka juga akan meluangkan waktu untuk membaca informasi yang dipublikasikan pada Koran tersebut.

Menerbitkan iklan lelang gedung di surat kabar juga lebih baik daripada di media lain karena tingkat kepercayaan masyarakat lebih tinggi dibandingkan media lain. Media cetak memiliki image positif dan tidak pernah berubah hingga saat ini. Untuk itulah, menerbitkan media di IklanPro merupakan pilihan yang terbaik.