Press Release Adalah

Saya harap Anda menikmati membaca posting blog ini.Pasang iklan Koran ? Saya bantu proses mudah cepat Dapatkan Harga Diskon.

Press Release Adalah

press release adalah

Apa yang ada di bayangan anda ketika mendengar istilah press release? Mungkin Anda akan berpikir tentang koran atau surat kabar.

Tapi apakah Anda tahu apa itu press release dan apa fungsinya? Di artikel ini kita akan membahas dengan lebih mendalam mengenai press release.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang press release dari berbagai sumber:

  1. Google - press release adalah sebuah pernyataan resmi tentang informasi tertentu yang dipublikasikan melalui surat kabar.
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia - dalam bahasa Indonesia disebut sebagai siaran pers. Press release adalah bahan berita yang disiapkan oleh pihak luar untuk pers.
  3. Forbes - secara umum, press release adalah sebuah alat untuk publikasi informasi ke publik.
  4. Hubspot - press release adalah sebuah pengumuman resmi dari suatu organisasi atau perusahaan untuk khalayak ramai.


Dari beberapa pernyataan diatas, dapat kita simpulkan bahwa press release adalah naskah berita atau informasi dari pihak non-wartawan seperti Humas atau Public Relations untuk dipublikasikan melalui media massa.

Tujuan Siaran Pers

Lalu, kenapa kita butuh press release atau siaran pers ini? Jawabannya bisa bermacam-macam tergantung dari kebutuhan public relations lembaga.

Ada 6 jenis press release yang biasa kita temukan. Jenis-jenis siaran pers atau press release adalah sebagai berikut:

General News (Berita Umum)

Merupakan bentuk paling umum dari siaran pers untuk menjangkau lebih banyak orang. Jika seharusnya berita pada siaran pers bersifat penting, general news bersifat lebih longgar.

Salah satu contoh dari jenis press release ini adalah pengumuman peraihan penghargaan oleh sebuah perusahaan kepada media.

Launch Release ( Peluncuran Perusahaan atau Produk Jasa)

Sesuai dengan namanya, jenis siaran pers ini khusus untuk peluncuran perusahaan, layanan, website, atau hal lain yang sifatnya pertama kali ke media.

Launch Release berisi konten yang mirip dengan General News, namun lebih menekankan kepada sesuatu yang baru dan akan datang.

Dalam menulis Launch Release umumnya, dimunculkan kesan urgency tentang informasi yang akan datang. Launch Release tidak harus membutuhkan sesuatu yang nyata, namun bisa juga untuk publikasi sebuah ide.

Event Press Release (Siaran Pers untuk Acara)

Berkaitan dengan event atau acara yang sedang terlaksana, siaran pers ini menjelaskan tentang detail kegiatan yang sedang berlangsung kepada media.

Contoh penjelasan detail acara tersebut adalah tentang waktu dan tempat, format kegiatan, wujud layanan, dan lain sebagainya.

Hal ini dibuat agar awak media dan masyarakat mendapatkan informasi tentang acara tersebut dengan jelas.

Metode penulisan siaran pers ini tidak melulu harus mengandung 5W (What, Where, When, Who, dan Why) 1H (How).

Biasanya, cara terbaik mempublikasikan isi press release ini adalah dengan membuat list, outline, atau poin-poin acara. Isi rilisan seperti ini membuat masyarakat lebih mudah memahaminya.

Product Press Release (Siaran Pers untuk Produk)

Tujuan dari press release ini adalah untuk pemasaran produk ke media. Terkait kemiripannya dengan Event Press Release, ada perbedaan mendasar dari kedua jenis siaran pers tersebut, yaitu dari segi isi.

Isi dari pemasaran Product Press Releaseadalah spesifikasi produk.

Contoh dari siaran pers untuk produk ini di media online maupun media konvensional adalah pemasaran gawai terbaru dari Samsung, iPhone, Xiaomi, dan lain-lain.

Untuk membuat sebuah informasi produk agar siap rilis, maka perusahaan akan berfokus pada spesifikasi produknya. Hal ini dilakukan agar informasi produk dipahami setiap orang yang membaca.

Executive, Staff and Employee Press Release (Siaran Pers untuk Penunjukkan dan Perekrutan Karyawan)

Sebuah perusahaan biasanya akan membuat sebuah press release untuk mengumumkan penunjukan karyawan untuk posisi khusus.

Press Release ini berisi tentang data biografi dan hal-hal yang berkaitan dengan karyawan tersebut seperti nama, jabatan, pengalaman, dan lain-lain.

Tidak hanya melalui nama dan keterangan biografi, foto karyawan juga adalah hal yang lumrah untuk ditampilkan agar karyawan tersebut dapat dikenal banyak orang.

Contoh dari Press Release ini paling sering berkaitan dengan penunjukkan CEO, direktur, atau komisaris baru dari suatu perusahaan.

Expert Position Press Release (Siaran Pers untuk Tenaga Ahli)

Penjelasan tentang kemampuan seseorang di bidang tertentu adalah isi utama dari jenis press release ini.

Hal ini sering dijadikan metode agar seseorang lebih dikenal, sehingga orang tersebut dapat memberikan pengaruh tersendiri terhadap peningkatan klien dari suatu organisasi bisnis, lembaga, atau perusahaan.

Press release ini adalah sebagai dasar informasi perusahaan yang membutuhkan jasa tenaga ahli di bidang tertentu.

Cara Membuat Siaran Pers yang Baik

Apapun jenis yang Press Release yang Anda publikasikan ke media, akan selalu ada syarat-syarat dan struktur yang harus dipenuhi.

Jika Anda ingin menarik khalayak ramai, maka menulis judul yang unik, menyediakan berita yang akurat, dan informasi yang lengkap adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Wartawan lebih memilih press release yang lebih gampang untuk disadur ke surat kabar atau media massa lain.

Sekarang adalah era dimana terdapat banyak media massa konvensional dan online menawarkan berita. Contoh dari media massa konvensional adalah surat kabar, video, TV.

Sedangkan salah satu contoh media massa online adalah website, selain itu email juga termasuk dalam sebuah media online.

Dari banyaknya sumber berita yang tidak hanya tersedia dalam bahasa indonesia saja, membuat press release dengan struktur yang baik sangat dianjurkan. Berikut adalah syarat-syarat dan struktur press release yang baik:

Judul yang Mengena

Apapun bentuk press release yang Anda rilis, baik itu video, tulisan artikel atau paragraf, serta email, buatlah judul yang familiar bagi publik.

Gunakanlah bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Fokuskan perhatian pembaca atau konsumen dengan membuat judul yang singkat, padat, dan jelas.

Ingatlah, ada banyak press release yang diterbitkan setiap harinya. Maka dari itu, luangkan waktu untuk memikirkan penulisan judul yang baik dan menarik.

Poin Penting Tersampaikan

Press release ditulis untuk menyampaikan informasi penting, jadi jangan sampai awak media tidak mendapatkan informasi tersebut.

Paragraf awal tulisan haruslah meliputi 5W 1H dalam menerangkan peluncuran hal baru, perubahan, atau pengembangan.

Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan wartawan dalam menangkap detail dari informasi yang disampaikan, sehingga tidak ada data atau poin penting yang terlewatkan.

Kutipan adalah Kuncinya

Penggunaan metode kutipan atau quote dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat pada press release sebuah perusahaan atau lembaga bisnis.

Kutipan dapat menegaskan konteks dari press release Anda, sehingga dapat membentuk sebuah narasi dan penekanan pada berita penting yang ingin disampaikan.

Latar Belakang pada Press Release

Latar belakang perlu ditulis atau disertakan pada sebuah press release. Penggunaan latar belakang ini akan menjadi dasar informasi yang dapat digunakan pembaca untuk lebih memahami mengapa peristiwa terjadi.

Peristiwa disini diartikan sebagai saat press release sebuah perusahaan atau bisnis terjadi.

Secara tidak langsung, latar belakang ini menawarkan detail berita yang menguatkan press release itu.

Contoh tulisan tentang latar belakang ini adalah proyek yang sedang ditangani oleh perusahaan, atau cita-cita bisnis yang ingin dicapai sehingga press release ini dibuat.

Apa dan Siapa

Press release yang baik akan secara jelas dan langsung menampilkan 'apa' dan 'siapa'. Maksudnya, deskripsikan apa yang ingin disampaikan dengan penerbitan press release tersebut. Lalu, jelaskan siapa yang secara langsung terkait dengan berita atau informasi pada press release tersebut.

Dengan memiliki keterangan 'apa' dan 'siapa', sebuah press release akan bisa dikatakan baik dan informatif. Untuk menguji press release, minta kolega Anda untuk membaca draft press release tanpa konteks.

Lalu, mintalah ia untuk menjelaskan apa saja yang ia tangkap dari draft tersebut. Jika keterangan yang disampaikan kolega Anda tidak lengkap atau salah, teliti kembali draft press release anda.

Cara Menyelenggarakan Siaran Pers

Setelah mengenal tentang jenis-jenis dan syarat-syarat press release, sekarang kita akan melangkah ke hal-hal penting dalam penyelenggaraan press release.

Lakukan Pengiriman Segera

Koran esok hari sudah tidak relevan untuk dibaca hari ini. Begitu pula dengan press release, usahakan untuk segera mengirimkan saat itu juga kepada penerbit.

Jangan menunggu esok hari, kecuali kegiatan tersebut berlangsung pada malam hari.

Jangan Memberitahu Wartawan Secara Mendadak

Selalu akan ada berita di luar sana, sehingga wartawan memiliki jadwal yang padat. Maka, pastikan untuk mengundang wartawan jauh sebelumpress release berlangsung.

Hargailah juga waktu wartawan dengan tidak menunda waktu yang telah dijadwalkan.

Pagi Hari adalah Waktu yang Baik

Kebanyakan wartawan sangat suka pada kegiatan jumpa pers pagi hari. Selain badan dan pikiran yang masih segar, berita juga bisa langsung didistribusikan hari itu juga.

Undang Ahli

Dengan menghadirkan ahli khusus dalam siaran pers tersebut, kualitas dari kegiatan tersebut akan bertambah. Animo konsumen juga akan menjadi semakin besar.

Komunikasi Dua Arah

Jangan tutup kemungkinan wartawan untuk bertanya. Berikan kesempatan untuk sesi tanya jawab agar wartawan mendapatkan informasi yang terperinci.

Hindari jawaban "no comment", sebab jawaban ini secara tidak langsung "mengiyakan" pertanyaan yang dilontarkan.

Beberapa press release memakai media konvensional, namun Anda juga harus terbiasa dengan dunia online.

Sebab, saat ini sudah banyak sekali perusahaan dan bisnis yang memiliki website pribadi. Melalui situs resmi itulah press release disebarkan.

Para wartawan juga sudah terdidik untuk membuka situs-situs resmi dan akun media sosial perusahaan, lembaga, atau badan bisnis untuk mendapatkan berita.

Dengan adanya situs resmi, terlebih yang sudah ada pengikutnya, maka press release dapat dilakukan dengan lebih gampang.

Dapat dikatakan, press release adalah cara yang sangat baik untuk memberitahukan atau mempromosikan suatu maksud kepada khalayak ramai dan mendapatkan dukungan dari media massa.

Melalui press release sebuah brand atau organisasi akan menjadi lebih dekat kepada penikmatnya, sehingga kepercayaan dan minat target konsumen akan meningkat.

Terlebih lagi dengan adanya teknologi internet yang memungkinkan jangkauan yang lebih luas, membuat press release menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Nah, bagaimana? sudah siapkah Anda sekarang untuk membuat press release? Semoga dari penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan press release ini dapat memberikan pengertian secara lebih mendalam.