Pasang Iklan Koran

Saya harap Anda menikmati membaca posting blog ini.Pasang iklan Koran ? Saya bantu proses mudah cepat Dapatkan Harga Diskon.

Pasang Iklan Koran

Pasang Iklan Koran

Pasang iklan koran masih ramai peminat di Indonesia.

Walaupun iklan media elektronik lebih menarik, media cetak koran masih memiliki kekuatan tersendiri dalam memberikan nilai lebih pada advertising.

Koran memiliki image terpercaya karena yang tertulis pada media ini tercetak pada lembaran kertas dan disebar-luaskan.

Karena itulah, apapun yang diberitakan di koran bukanlah sembarang berita, bukan hoax, topik yang diangkat juga berkualitas.

Ada banyak hal yang bisa diiklankan di koran, seperti iklan jual barang dan jasa, lowongan kerja, lelang, hingga laporan keuangan perusahaan. Iklan laporan keuangan biasanya muncul pada koran bisnis.

Kali ini kita akan membahas mengenai iklan-iklan yang terdapat pada koran, jenisnya, ukurannya, dan tarif pasang iklan tersebut.

Apabila Anda berencana untuk pasang iklan koran, ada baiknya Anda mengenalinya terlebih dahulu.


Jenis Iklan untuk Pasang Iklan Koran


1. Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah iklan yang mempromosikan suatu barang, jasa, brand, atau event tertentu. Iklan ini dibuat dengan cara memberikan informasi mengenai apa yang dipromosikan dalam bentuk artikel. Artikel yang terlihat seperti berita tersebut berbentuk tulisan khas jurnalis yang bersifat obyektif.

Bisa dikatakan bahwa apa yang tertulis dalam iklan lebih terlihat seperti review dari apa yang diiklankan. Jadi iklannya bersifat informatif sekaligus influentif. Iklan seperti ini juga disebut dengan cara pemasaran yang bersifat halus, karena isi iklan tidak memaksa ataupun menggurui pembaca.


2. Iklan Banner

Iklan banner merupakan iklan koran yang bentuknya seperti banner pada umumnya, memanjang dari kiri ke kanan. Iklan banner pada koran akan memanjang secara penuh, sesuai dengan lebar halaman koran. Karena bentuknya yang melebar pada koran, iklan ini mudah dikenali oleh pembaca koran.


3. Iklan Baris

Sesuai dengan namanya, bentuk iklan koran ini hanyalah terdiri dari barisan kata yang singkat. Bahkan kata-kata pasang iklan yang digunakan juga ada yang disingkat. Iklan baris hanya memuat informasi penting dan keterangan secukupnya tentang barang atau jasa yang ditawarkan.


4. Iklan Center Spread

Center spread adalah iklan koran yang dipasang penuh pada bagian tengah koran. Hal ini membuat ukurannya sangat besar dan nampak luas, yakni sebesar 2 halaman koran.

Karena ukurannya yang sangat besar, biaya untuk pasang iklan koran ini pun besar. Hanya perusahaan besar saja yang cenderung pasang iklan koran ini, itupun jumlahnya tidak banyak.


5. Iklan Display

Iklan display ialah iklan koran yang mengutamakan obyek yang dipajang. Jadi, mayoritas isi iklan adalah gambar atau foto. Ukuran iklan juga cukup besar.

Untuk pasang iklan koran ini, biayanya terbilang mahal karena bagian gambar bisa mencapai 70 - 95% dari keseluruhan isi iklan. Isi tulisannya bisa sangat sedikit. Iklan ini biasanya menonjolkan visual dan desain yang menarik.


6. Iklan Kreatif

Disebut dengan iklan kreatif karena iklannya yang dibuat sedemikian kreatif dan unik. Tidak seperti pada iklan yang umumnya, iklan kreatif pada koran bisa merupakan gabungan dari jenis iklan lainnya.

Iklan kreatif juga bisa diletakkan di halaman manapun yang sudah ditentukan. Bisa juga muncul lebih dari sekali dan memiliki ukuran yang bervariasi. Untuk pasang iklan koran ini membutuhkan biaya yang cukup besar.


7. Iklan Kolom

Iklan ini adalah iklan yang berbentuk kolom-kolom persegi empat atau seperti blok. Antara iklan satu dengan iklan lainnya dibatasi dengan bingkai kolom masing-masing. Ukuran kolom bisa berbeda-beda.

Iklan ini bisa disertai gambar atau tidak. Apabila tanpa gambar, biasanya iklan kolom dikreasikan dengan font yang bervariasi dengan latar belakang kolom yang berwarna monokrom.


Ukuran dan Tarif Pasang Iklan Koran

Ukuran iklan dan berapa tarif pasang iklan koran bervariasi. Ukuran masing-masing jenis iklan juga berbeda-beda, tergantung ukuran kolom koran yang disediakan untuk pasang iklan koran. Tidak semua iklan tersedia di koran tertentu. Berikut adalah contoh beberapa ukuran dan tarif pasang iklan di 4 koran di Indonesia.

1. Pasang Iklan Koran Kompas

Koran Kompas menyediakan jasa pasang iklan koran pada 2 tipe halaman, yakni halaman reguler harian Kompas dan halaman Klasika. Pada halaman reguler, iklan koran yang tersedia adalah iklan advertorial dan iklan display.

Sementara pada halaman Klasika lebih bervariasi. Berbeda dengan yang reguler, Klasika terbagi menjadi 2 tipe, yaitu yang terbit di Jakarta saja (Batavia) dan yang terbit nasional (Nusantara). Berikut adalah beberapa contoh produk untuk pasang iklan koran:


iklan Reguler

  • Iklan display reguler yang hitam-putih (BW) memiliki ukuran minimal 40 mmk. Biaya pasang iklan koran ini adalah Rp 65.000 per-mmk. Untuk iklan display yang berwarna (FC), ukuran minimalnya 810 mmk dengan tarif iklan Rp 85.000 per-mmk.
  • Iklan advertorial memiliki ukuran minimal 310 mmk. Biaya pasang iklan koran ini adalah Rp 169.000 setiap mmk untuk iklan hitam-putih, dan Rp 89.000 untuk iklan berwarna.
  • Iklan baris reguler untuk Nusantara memiliki tarif iklan Rp 58.000 perbaris. Untuk Batavia, harga pasang iklan koran ini perbarisnya adalah Rp 47.500. Isi iklan minimal adalah 3 baris, maksimalnya 12 baris. Setiap baris terdiri dari 28 karakter.

Klik Cek Harga Iklan Reguler di Whatsapp

iklan Klasika

  • Iklan display hitam-putih memiliki ukuran minimal 40 mmk. Harga pasang iklan koran di Nusantara harganya Rp 90.000 per-mmk, dan Rp 75.000 per-mmk untuk yang Batavia. Sementara iklan display berwarna, biaya pasang iklan koran ini adalah Rp 135.000 di Nusantara dan Rp 110.000 di Batavia.
  • Iklan kolom berwarna memiliki harga Rp 105.000 per-mmk untuk Nusantara, dan Rp 90.000 per-mmk untuk Batavia. Lalu untuk pasang iklan kolom hitam-putih harganya Rp 65.000 per-mmk untuk Nusantara, dan Rp 55.500 per-mmk untuk Batavia. Ukuran kolom koran Klasika ialah 33 mmk per-1 kolom.
  • Iklan baris memiliki tarif pasang iklan Rp 58.000 perbaris untuk Nusantara dan Rp 47.500 perbaris untuk Batavia. Jumlah acuan baris dan karakternya sama dengan Kompas Reguler.


2. Pasang Iklan Koran Poskota

Koran Poskota yang berpusat di Jakarta Barat ini beredar di wilayah Jabodetabek. Di bawah ini adalah beberapa produk yang tersedia untuk pasang iklan di Poskota:

  • Iklan baris memiliki harga Rp 17.000 per-barisnya, dengan isi iklan minimal 5 baris. Setiap barisnya berisi 26 karakter. Khusus untuk iklan baris lowongan kerja, biaya pasang iklan koran ini perbarisnya Rp 30.000 dengan isi 30 karakter perbaris.
  • Iklan kolom hitam-putih mempunyai ukuran minimal 30 mmk dan maksimal 150 mmk. Biaya pasang iklan per-mmk adalah Rp 25.000. Sementara untuk yang berwarna, tarif pasang iklan adalah Rp 35.000 per-mmk. Ukuran kolom koran Poskota adalah 40 mmk per-1 kolom.
  • Iklan display hitam-putih memiliki ukuran minimal 60 mmk dan maksimal 4.320 mmk, harga pasang iklan koran ini adalah Rp 50.000 per-mmk. Sementara yang berwarna memiliki ukuran mulai dari 400 - 4.320 mmk dengan biaya Rp 70.000 per-mmk.

Klik Cek Harga Koran Poskota di Whatsapp

3. Pasang Iklan Koran Republika

Koran Republika adalah koran yang beredar secara nasional. Kantor pusatnya ada di Jakarta. Berikut adalah produk yang tersedia untuk pasang iklan koran:

  • Iklan baris di koran ini seharga Rp 45.000 perbarisnya. Minimal baris untuk pasang iklan koran ini adalah 3 baris, dan maksimal 8 baris. Setiap baris berisi 40 karakter.
  • Iklan kolom di koran Republika ukuran minimalnya 1 x 50 mmk dan maksimalnya 1 x 450 mmk. Biaya untuk pasang iklan koran ini adalah Rp 45.000 per-mmk.
  • Iklan display umum koran ini memiliki ukuran minimal 450 mmk. Harga pasang iklan Rp 190.000 per-mmk untuk yang berwarna dan Rp 140.000 untuk yang hitam-putih.

Klik Cek Harga Koran Republika di Whatsapp


4. Pasang Iklan Koran Sindo

Koran Sindo adalah koran nasional yang berpusat di Jakarta. Ini adalah beberapa contoh produk iklan yang tersedia untuk pasang iklan koran:

  • Iklan baris berisi 3 hingga 9 baris dengan 32 karakter perbarisnya. Biaya pasang iklan baris ini adalah Rp 46.000 perbaris.
  • Iklan kolom koran ini ada iklan pengumuman dan iklan lowongan pekerjaan. Iklan pengumuman berwarna dengan ukuran 50 mmk sampai 100 mmk dengan harga Rp 46.000 per-mmk. Iklan lowongan pekerjaan hitam-putih punya ukuran yang sama. Harga pasang iklannya adalah Rp 61.000 per-mmk.
  • Iklan display koran Sindo memiliki ukuran 100 mmk hingga 3.780 mmk. Biaya pasang iklan hitam-putih adalah Rp 120.000 per-mmk, dan untuk pasang iklan berwarna adalah Rp 185.000 per-mmk.

Klik Cek Harga Koran Sindo di Whatsapp



Pasang iklan koran di Indonesia
tersebut masih bisa berubah harganya apabila peletakannya bukan di bagian yang berisi iklan-iklan, misalnya di halaman depan, belakang, atau bagian tertentu yang bisa disisipi iklan.

Isi iklan juga bisa membuat harganya berbeda. Sebagai contoh, iklan reguler dengan iklan lowongan, walau sama-sama iklan baris, namun perhitungan perbarisnya dibedakan. Biasanya iklan lowongan kerja lebih mahal.

Lalu kita akan membahas cara perhitungan pasang iklan koran ini. Misalnya Anda ingin pasang iklan di koran Kompas yang reguler, maka berikut adalah cara menghitung biayanya


Perhitungan Pasang Iklan Koran (mmk rp)

Anda ingin pasang iklan baris sebanyak 5 baris untuk Nusantara, maka biayanya adalah

5 x Rp 58.000 = Rp 290.000.

Setelah itu ditambah PPN 10%, maka Rp 290.000 + (10% x 290.000) = Rp 290.000 + Rp 29.000. Jadi biaya pasang iklan koran ini Rp 319.000,-

Selanjutnya jika Anda ingin pasang iklan display reguler FC dengan ukuran iklan 5 x 6 kolom. Lebar 1 kolom adalah 33 mmk. Maka ukuran iklan kolom Anda adalah 5 x 6 x 33 mmk = 1.584 mmk. Jadi biaya pasang iklan koran adalah 990 x Rp 215.000 = Rp 212.850.000 + 21.285.000 (PPN 10%) = Rp 234.135.000,-

Istilah 'mmk rp' yang sering muncul maksudnya adalah satuan 'mm' ukuran kolom, serta besaran rupiah yang dibayarkan per-milimeter-kolom. Sementara FC adalah full color dan BW adalah black and white.

Bagaimana sekarang? Anda ingin pasang iklan koran yang mana?

Yang pasti, silahkan pilih iklan yang sesuai dengan dana yang Anda miliki dan kebutuhan Anda.